Selasa, 16 Agustus 2022

Tanda Tanya Besar Terkait Pelaksanaan MBKM Riset Tahun 2022



AkhbarUTM-Magang penelitian atau riset adalah kegiatan mahasiswa dalam bentuk penelitian yang dilakukan selama 1 semester di lembaga riset atau laboratorium milik pemerintah atau perusahaan industri yang sudah memiliki kerjasama dengan Universitas Trunojoyo Madura. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi diri, meningkatkan kapasitas, peran, dan partisipasinya dalam kegiatan penelitian.


Fakultas Keislaman tentu tidak akan melewatkan kesempatan ini bagi mahasiswanya  yang merupakan program dari kampus merdeka. Sekitar 50 mahasiswa FKIS telah mendaftarkan dirinya di MBKM riset pada tahun ini.


“Salah satu faktor saya mengikuti MBKM riset ini dikarenakan bisa lulus 3,5 tahun tanpa skripsi dan ini merupakan keunggulan dari MBKM riset,” ucap salah satu mahasiswa FKIS yang mengikuti MBKM riset.


Mahasiswa yang mendaftar MBKM riset akan mengikuti sosialisasi yang diberikan, kemudian dapat mendaftarkan diri. Selanjutnya ada ujian seleksi, dan yang terakhir adalah pengumuman bagi yang lolos seleksi MBKM riset. Mahasiswa yang lolos dalam ujian seleksi, nantinya akan di koordinasikan oleh Koordinator Prodi, terkait dosen pembimbing yang akan membimbingnya selama melakukan riset.


“Sebenarnya tidak ada kendala, dari awal sosialisasi kita di beri arahan mulai dari pra-syarat mengikuti MBKM riset, proses melakukan riset, dan sampai pra-ujian seleksi,” lanjut salah satu mahasiwa FKIS.


Program penelitian ini dibimbing oleh 2-3 dosen pembimbing dan dilakukan secara berkelompok, serta mahasiswa harus benar-benar ahli dalam topik riset yang dijalankan nantinya. Mengenai instansi atau lembaga yang digunakan sebagai penelitian, tentu akan mengikuti tema penelitian yang diambil oleh mahasiswa beserta dosen pembimbingnya.


“Yang sangat disayangkan sekali, sudah lebih dari satu bulan dari pelaksanaan ujian seleksi MBKM riset ini, masih belum ada pengumuman lolos seleksi, sehingga kami belum bisa melakukan pengisian KRS,” lanjut salah satu mahasiswa FKIS.


Memang tidak ada lanjutan informasi terkait pengumuman lolos seleksi MBKM riset ini, mahasiswa harus menunggu lama sehingga belum bisa melakukan pengisian KRS semester ini, hal ini menyebabkan mahasiswa yang mengikuti MBKM riset kebingungan.


“Sampai sekarang memang belum ada pengumuman hasil seleksi MBKM riset, dikarenakan proposal penelitian dosen belum diumumkan oleh pihak LPPM kampus,” ucap Pak Dahruji, SE., M. E. I.  


Melalui program ini, mahasiswa FKIS dapat membangun keterampilan berpikir kritis dan penyelesaian masalah, meningkatkan kualitas dan kuantitas riset, menumbuhkembangkan minat dan rasa ingin tahu terhadap persoalan, kebutuhan, dan tantangan yang dihadapi oleh bangsa yang disertai dengan solusi penyelesaiannya. Karena dengan kemampuan-kemampuan inilah nantinya mahasiswa FKIS dapat mendalami, memahami, dan mampu melakukan riset dengan baik.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda