Selasa, 18 Oktober 2022

Magang 20 SKS, FKIS Sosialisasikan Kebijakan Baru

 


AkhbarUTM – Magang merupakan bentuk kegiatan pembelajaran diluar kampus yang memberikan wawasan dan pengalaman kepada mahasiswa secara langsung mengenai kegiatan riil di berbagai instansi. 


Pada tahun ajaran genap 2022-2023 ini mahasiswa Fakultas Keislaman mulai dari semester 5 akan resmi melaksanakan magang. Kegiatan sosialisasi ini melalui aplikasi ZOOM yang diadakan oleh Jurusan Ilmu Keislaman, Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura. (18/10)


Seperti yang telah di sampaikan oleh Ketua Jurusan Ilmu Keislaman FKIS dalam sosialisasi tersebut yakni bapak Dahruji, S.E., M.E.I, dalam kebijakan magang tahun 2022-2023 ini mengutamakan dalam penguatan kompetensi, membangun kemitraan dengan berbagai instansi dan berbasis profil lulusan.



Yang mana profil lulusan Prodi Ekonomi Syariah seperti analisis kebijakan publik bidang ekonomi, konsultan ekonomi syariah, pengelola lembaga keuangan syariah dan sebagainya.


Sedangkan profil lulusan Prodi Hukum Bisnis Syariah seperti praktisi hukum pada perusahaan dan lembaga keuangan syariah, asisten dewan pengawas syariah (DPS), praktisi hukum PA, dan lainnya.


Terdapat perubahan kebijakan pada magang tahun 2022-2023 ini, yaitu magang 20 SKS atau minimal 5 bulan. Jika mengaca pada tahun sebelumnya magang ini hanya 3 SKS.



“Jadi memang desain kurikulum MBKM ini sekarang kita mencoba buat temen-temen ini lebih banyak berinteraksi dengan dunia usaha atau industri. Karena memang dari beberapa evaluasi itu, magang cuma 1 bulan itu tidak dapat apa-apa. Itu merupakan evaluasi dari kami sehingga itu kemudian kita coba dorong temen-temen, jadi mulai semester yang akan datang itu magang kita programkan 20 SKS, bukan 3 SKS lagi,” ujar bapak Dahruji.


Terkait jadwal pelaksanaan magang ini dimulai pada tanggal 20 Desember 2022-10 Juni 2023. Sedangkan pengumuman laporan pada tanggal 7-10 Juni 2023 dan ujian magang dilaksanakan pada 20-23 Juni 2023.


“Prosedur magang FKIS TA genap 2022-2023 ini yaitu yang pertama jurusan hanya sebagai fasilitator, kemudian mahasiswa silahkan datang ke tempat magang yang di inginkan agar mengadakan pertemuan non-formal dengan instansi, baru habis itu konfirmasi ke jurusan. Kemudian jurusan baru menyiapkan berkas, dan mahasiswa melakukan finalisasi ke tempat magang. Selanjutnya laporkan ke jurusan secara berkelompok, upayakan juga minimal 2 orang dalam 1 instansi,” jelas bapak Dahruji.



Pada sosialisasi ini juga ditegaskan saat berkomunikasi dengan instansi agar memastikan disposisinya secara tertulis, dikarenakan untuk menghindari pembatalan secara sepihak dari instansi.


Pada tahun ini menerapkan beberapa zonasi yang bisa ditempati magang, seperti pada kota Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro dan Malang.


Para mahasiswa diharapakan bisa mulai merencanakan kegiatan magang kali ini dengan baik dengan memilih instansi yang cocok dan tidak melewatkan informasi selanjutnya mengenai kegiatan magang FKIS TA Genap 2022-2023.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda