Jumat, 02 Februari 2024

Ekonomi Syari'ah FKIS UTM Gelar Asesmen Lapangan Dalam Mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Halal Dunia



Bangkalan- Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Keislaman (FKIS) Unversitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar asesmen lapangan akreditasi Program Studi Sarjana Ekonomi Syariah berjalan lancar selama 2 hari dengan berbagai persiapan yang melibatkan semua unit dan berbagai berkas yang wajib disetorkan meliputi dokumen evaluasi diri (DED), Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS). Ini merupakan dokumen wajib ketika ingin mengajukan re-akreditasi ke LAMEMBA yang diajukan 6 bulan sebelum berakhirnya masa akreditasi yang mana program studi ekonomi syariah berakhir pada 9 April 2024.

Pengajuan ke LAMEMBA ini diajukan  6 bulan sebelum berakhirnya masa akreditasi yang mana program studi ekonomi syariah berakhir pada 9 April 2024.

Kegiatan itu berlangsung di gedung rektorat lantai 5 yang dihadiri oleh segenap civitas akademika dan tim Assesor Lembaga Akreditasi Mandiri (LAMEMBA)  yang  dilaksanakan pada tanggal 1-2 Februari 2024 yang diawali dengan Pembukaan asesmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan pernyataan komitmen bersama Asesmen lapangan (AL)


Asesmen lapangan ini merupakan salah satu proses dalam menilai suatu program studi, dengan adanya asessment lapangan ini sebagai alat ukur kualitas program studi ekonomi syari’ah yang telah dijalankan, kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen Fakultas Keislaman Prodi Ekonomi Syari’ah dalam menjamin pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan terus menjaga mutu prodi Ekonomi Syariah selama 5 tahun kedepan.


“Dengan adanya asesmen lapangan ini diharapkan mampu mentransformasi 6 sektor yang mengacu terhadap semua potensi dan permasalahan yang berada di pulau Madura, salah satunya adalah ekonomi kreatif. Dengan hal ini universitas Trunojoyo Madura mampu berdaya saing di ASEAN hingga international yang merupakan bentuk mewujudkan tridharma perguruan tinggi,” terang warek 3 Dr. Achmad Amzeri, S.P., M.P.,


Lebih lanjut Dekan Fakultas Keislaman, Shofiyun Nahidloh S.Ag. M.H.I “Indonesia akan menjadi pusat halal dunia, kami berharap dengan adanya beberapa program unggulan Fakultas Keislaman bisa menyambut hal itu, yang di dukung oleh program gubernur jawa timur yang akan mendirikan Islamic science park di kawasan jembatan suramadu hal ini tidak terlepas dari religiutas masyarakat Madura."


"Kami mohon do’anya kepada civitas akademika ekonomi syari’ah semoga apa yang telah kita lakukan dari beberapa sebelumnya sampai akhir ini menjadi amal jariah kita dan semoga hasil akreditasi yang dihasilkan kita  bisa menjadi unggul. Jadi target kita adalah unggul sehingga itu bisa mendongkrak mutu daripada ekonomi syariah dan juga kualitas dari ekonomi syari’ah," ujar Korprodi ES Taufiqur Rahman, SHI., MEI


Agenda asesmen lapangan hari kedua diawali dengan konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, kepuasan dosen, kepuasan tenaga kependidikan dan kepuasan mahasiswa. Dan diakhiri dengan penyampaian dan penandatanganan berita acara.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda