Selasa, 29 Maret 2022

FKIS Pelopor UTM Wujudkan Zona Integritas, Berikut Alasannya

 


Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Fakultas Keislaman merupakan satu-satunya Fakultas yang ditunjuk langsung oleh Rektor untuk mewakili Universitas Trunojoyo Madura dalam kompetisi ZI (Zona Integritas) yang di adakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). 



Peserta kompetisi ini berasal dari KEMENDIKBUD dan kementerian yang lain, selanjutnya akan ada penilaian final dari Kementerian PAN RB itu sendiri. Dari masing masing kementerian mengadakan seleksi tersendiri termasuk KEMENDIKBUD, dari beberapa elemen termasuk DIKTI diantaranya FKIS turut ikut dalam kompetisi zona integritas antar Perguruan Tinggi Negeri dalam lingkungan DIKTI, yang diusulkan oleh kementerian PAN RB pada edisi 2021. Kompetisi ini diadakan tiap tahun dan penghargaan dirilis serta diserahkan di hari anti korupsi pada bulan Desember.



Dan kemarin pada (28/03) Fakultas Keislaman mendapatkan piagam penghargaan atau apresiasi yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia untuk lembaga-lembaga di bawah naungan KEMENDIKBUD terutama DIKTI yang masuk seleksi zona integritas. Berdasarkan penilaian Tim Penilai Internal (TPI), FKIS berhasil mendapatkan nilai sebesar 90,68 .



Piagam tersebut menandakan bahwa FKIS lolos pada seleksi zona integritas tingkat KEMENDIKBUD yang selanjutnya diajukan kepada kementerian PAN RB sebagai penilai akhir. Dari 24 perguruan tinggi negeri yang lolos seleksi tingkat KEMENDIKBUD, hanya 5 perguruan tinggi negeri yang mendapatkan penghargaan layak disebut zona integritas bebas korupsi diantaranya Undip Semarang, UB, UGM, ITB, dan UI.


masukkan script iklan disini

Walaupun UTM tidak lolos diseleksi akhir, pada seleksi tingkat KEMENDIKBUD UTM menjadi peringkat ke-2 setelah UGM.


"Untuk tim sudah dibentuk berdasarkan butiran-butiran yang ada di LKE yaitu terdiri dari 6 pengungkit dan masing masing koordinatornya, di 2022 seharusnya sudah ada tim baru lagi karena ada wadek 2 yang baru sebagai koordinator tim Zona Integritas FKIS. Jika memang UTM dan FKIS tetap akan ikut melanjutkan kompetasi yang sudah dilaksanakan, di tahun 2022 FKIS dan UTM otomatis diikutkan kembali karena FKIS dan UTM lolos di tingkat seleksi KEMENDIKBUD dan jika FKIS tidak ikut tentunya sangat disayangkan. Dan jika menunjuk fakultas yang lain di UTM saya kira tidak sesiap FKIS karena mereka belum memulai apapun, sementara FKIS sudah memulai walaupun gagal, paling tidak sudah banyak hal yang diperbuat termasuk fasilitas, kesiapan dokumen dan lain lain, hanya tinggal mungkin penambahan diberbagai sektor yang dianggap lemah dan menjadi titik lemah koreksi tim penguji dari kementerian PAN RB tahun lalu," ujar bapak Ali Hisyam selaku koordinator ZI 2021.



FKIS juga perlu melakukan persiapan dalam pembentukan tim yang baru, baik recruitment anggota baru maupun mutasi di dalam tim atau yang lainnya. Serta catatan dari tim penilai kompetisi ZI kementerian PAN RB sudah berada di tangan Fakultas Keislaman dan tentu akan menjadi koreksi untuk peningkatan kualitas zona integritas di FKIS UTM 2022.


"Semoga tim FKIS bisa lebih optimal persiapannya dengan cara mempelajari hal-hal yang menjadi catatan kelemahan dan kekurangan menurut reviewer dari pihak KEMENPAN-RB. Untuk kemudian difollow up dalam bentuk pembenahan, pelengkapan dan pemutakhiran di sejumlah aspek. Yang terpenting menyongsong kompetisi dengan sikap dan kesadaran yang positif, soliditas yang saling melengkapi serta semangat dan motivasi yang kokoh dan konstruktif," tambah pak Ali Hisyam.

Label: , , ,

1 Komentar:

Pada 2 Januari 2024 pukul 22.36 , Anonymous Anonim mengatakan...

pinjaman jaminan bpkb mobil

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda