Diklat UKM-F DNF Wujudkan Mahasiswa Cinta Literasi



AKHBAR UTM.  
Dalam rangka Pelatihan calon anggota baru, UKM-F Dzikr N Fikr Fakultas Keislaman kembali adakan Diklat ke-VI yang mana setiap tahunnya ditujukan kepada anggota baru,  dengan mengangkat tema “Kaderisasi GEN-A: Menuju Peradaban Intelektual Bahasa Arab”. Acara ini berlangsung di Madrasah Diniyah Imarotul Fitriyah, Labang, Kabupaten Bangkalan. (20/09/2019).

Diklat diikuti calon anggota baru sebanyak 120 mahasiswa dan disukseskan dengan panitia yang berjumlahkan 40 mahasiswa. Pemberangkatan diklat berlokasikan di Laboratorium Sosial pada pukul 16.00 WIB. Dikr N Fikr merupakan salah satu UKM di Fakultas Keislaman yang banyak diminati oleh mahasiswa.

Acara diklat ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 20 hingga 22 September 2019. Untuk tempat diklat dirasa sangat strategis karena berdekatan antara Masjid dan Aulanya yang memadai untuk seluruh anggota diklat tersebut. 

“Tidak ada kendala dalam mempersiapkan diklat ini, hanya saja kami sedikit kesulitan menemukan titik lokasi kumpul dikarenakan ada perubahan jadwal”.Ujar Kurratul Uyun Dwi salah satu calon anggota baru Dzikr N Fikr. Dalam persiapan diklat Dikr N Fikr untuk penugasan dan lainnya tidak ada kendala apapun, namun sedikit ada kendala saat pemberangkatan.

Untuk konsep diklat ini sangat menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya,“Yang membuat  menarik diklat kali ini dari diklat  tahun-tahun sebelumnya dikarenakan konsep acara yang dipakai  berbeda dari sebelumnya, untuk kali ini calon anggota baru dianjurkan membawa kamus sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh panitia dikarenakan para maba akan diberi tanggungan untuk membuat literasi dalam Bahasa Arab”. Ungkap Jacky selaku Ketua Umum acara Diklat. Dan pada tahun sekarang juga menjadi tahun yang istimewa bagi UKM-F Dzikr N Fikr  karena  akan dilaunchingkannya buku Mufrodat yang sekaligus dibarengkan dengan Diklat pada tahun ini.

Dalam pendanaan Dikr N Fikr merasa tidak ada kendala sama sekali, karena dari Fakultas sendiri telah menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dengan sangat baik  dan untuk pembukaan acara tersebut berjalan dengan baik meskipun terjadi sedikit kemoloran karena banyak anggota baru serta panitia yang masih bentrok jadwalnya dengan kuliah, sehingga pemberangkatan dilakukan dengan 3 sesi. Dan dikerenakan hanya menyewa satu kendaraan, sehingga banyak anggota yang menunggu. 

“Harapan dari acara ini semoga nantinya akan terciptanya kader-kader baru intelektual yang akan meneruskan perjuangan para senior dibidang Bahasa Arab khususnya Dzikr N Fikr yang di Fakultas Keislaman, karena memang salah satu lulusan dari FKIS diharapkan bisa berbahasa Arab”. Harap Ketua Umum Dikr N Fikr.

(Milla/Isti’)


Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

item