-->
  • Jelajahi

    Copyright © LPM AL-AKHBAR
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Halaman

    Mahasiswa tanpa Organisasi Bagai Nasi Tanpa Lauk

    Thursday, August 15, 2019, August 15, 2019 WIB Last Updated 2019-08-15T22:13:35Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Fakultas Keislaman merupakan salah satu Fakultas yang berada di Perguruan Tinggi Universitas Trunojoyo Madura  (Negeri). Fakultas ini terdiri dari dua Prodi yaitu Hukum Bisnis Syariah dan Ekonomi Syariah. Fakultas Keislaman telah berdiri sejak bulan Mei 2014 ketika itu masih bernama Fakultas Ilmu – ilmu keislaman (FIIK) namun seiring berjalannnya waktu berubahlah menjadi Fakultas Keislaman (FKIS). Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura (FKis UTM) saat ini menyelenggarakan 1 (satu) jenjang pendidikan yaitu S1. Program Studi S1 di Fakultas Keislaman yaitu Hukum Bisnis Syariah dan Ekonomi Syariah yang sudah berakreditasi B. Fakultas Keislaman juga telah banyak mencetak prestasi baik Nasional maupun Regional yang bersifat akademik maupun non akademik. Dalam pendidikan perguruan tinggi menyediakan beberapa organisasi terutama Fakultas keislaman ini.

    Selain pendidikan, Organisasi sangatlah penting bagi mahasiswa dalam pendidikan perguruan tinggi. Organisasi menurut Yunani adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Perlu dikatahui pendidikan bukanlah hal yang mudah, namun semua itu akan mudah asal ada kemauan untuk selalu berusaha. Seorang mahasiswa memiliki kewajiban yang kebanyakan mahasiswa mungkin belum mengetahui hal ini. Mahasiswa harus memliki rasa sosial yang tinggi, hal tersebut  bisa diwujudkan dengan cara bergabung organisasi yang ada di kampus. Dengan itu mahasiswa bisa melatih aspirasinya dan membawa perubahan sebagaimana mestinya mahasiswa yang dijelaskan di Tri Fungsi Mahasiswa. Dengan itu mahasiswa dapat membawa dampak baik untuk lingkungan kampus. Maka dari itu fakultas keislaman memberlakukan organisasi yang salah satunya adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang disebut dengan UKM-F.

    Organisasi di lingkup Fakultas Keislaman sendiri yaitu terdiri dari DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), BEM (Badan Eeksekutif Mahasiswa), HMP ES (Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah), HMP HBS (Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Bisnis Syariah), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM sendiri,  terdiri dari beberapa macam yaitu:
    1.      UKM PORFIK
    Sebagai generasi muda yang mengemban tugas untuk mengisi pembangunan di bidang keolahragaan. UKM-F ini diresmikan pada tanggal 24 April 2015.
    Jika anda berminat untuk gabung , ingin tahu lebih lanjut apa itu UKM PORFIK, berbagi ilmu dan membangun FKIS lebih jaya, silahkan menghubungi ketua umum dari UKM-F Porfik  Febri Eka Jati. Cp: 087877461732.
    2.      UKM Dzikr N Fikr
    Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas yang menaungi mahasiswa-mahasiswi yang cinta atau ingin belajar dalam bidang bahasa Arab. Dalam UKM ini ada beberapa devisi salah satunya NMB Prokernya terdapat pelatihan yaitu pelatihan nyanyi, pidato, nyanyian, Puisi Bahasa Arab. Dan ada juga kajian yaitu kajian kitab kuning (fatkhul Qarib) dan lain sebagainya.
    Jika anda berminat untuk gabung, ingin lebih tahu apa itu UKM DZIKR N FIKR, berbagi ilmu dan membangun FKIS lebih jaya, silahkan menghubungi ketua umum dari UKM-F Dzikr N Fikr yaitu jecky. Cp:083853047467
    3.      UKM SMART
    SEMART kepanjangan dari Semangat Analisis dan Risert. Organisasi ini didirikan atas dasar adanya wadah untuk menampung minat dan bakat didalam penulisan.
    Jika anda berminat untuk gabung, ingin lebih tahu apa itu UKM SEMART , berbagi ilmu bersama dan membangun FKIS lebih jaya, silahkan menghubungi ketua umum dari UKM-F SMART yaitu Jefri Iskandar . Cp:082331203552
    4.      UKM SEMAR
    UKM SEMAR bergerak dibidang kesenian yaitu sastra, musik, teater, banjari, dan paduan suara. UKM ini di bentuk pada tanggal tanggal 31 Desember 2015 dan disahkan pada tanggal 25 Januari 2016.
    Jika anda berminat untuk gabung, ingin lebih tahu mengenai apa itu UKM SEMAR,  berbagi ilmu bersama dan membangun FKIS lebih jaya, silahkan menghubungi ketua umum dari UKM-F SEMAR yaitu. Cp: 085808787336
    5.      UKM LPM AL-AKHBAR.
    Lembaga pers mahasiswa AL-Akhbar begerak di bidang Jurnalistik. Apa itu jurnalistik? Jernalistik yang dimaksud adalah suatu proses dimana yang berkaitan dengan kepenulisan berita, fitur, dan artikel opini dengan melalui media massa, baik media cetak, media elektronik, maupun online. Perlu diketahui juga bahwa LPM atau Jurnalistik ini sangat erat kaitannya dengan kewartawanan dan media massa. Misalnya, saat ini fakultas keislaman mengadakan Ospek IFO 2019 yang di laksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, ini bisa di liput dari berbagai sisi. Ada juga jika salah satu dari mahasiswa fkis berprestasi maka LPM bisa meliputnya. Dan juga semisal terdapat kejanggalan antara mahasisiwa dengan pimpinan maka LPM meliput apa adanya sesui fakta.

    Literasi bagi mahasiswa juga sangatlah penting, mereka tidak akan bisa jauh dengan kegiatan membaca dan menulis karena di setiap tugas mereka juga diharuskan mencari referensi dengan membaaca kemudian menuliskannya. Kesadaran akan pentingnya literasi perlu dibangun mulai saat ini untuk mewujudkan ragam mimpi. Perubahan persepsi ini menjadi titik awal untuk menjelajahi ilmu setiap waktu. Pada akhirnya, mahasiswa mampu mendapatkan kebebasan serta kekuatan berpikir demi sebuah kebenaran yang hakiki.

    Jika anda berminat untuk gabung, ingin lebih tahu mengenai UKM LPM AL-AKHBAR,  berbagi ilmu bersama dan membangun FKIS lebih jaya, silahkan menghubungi ketua umum dari UKM-F LPM AL-AKHBAR yaitu Fitri Handayani. Cp: 082336922198

    Banyak mahasiswa yang tidak tertarik dengan organisasi beranggapan bahwa mengikuti organisasi dapat mengurangi waktu mereka dalam belajar serta membuat mereka menjadi tidak fokus pada kuliahnya. Nyatanya organisasi sangatlah penting bagi mahasiswa, karena dari organisasi lah mahasiswa bisa lebih berkembang dan mengasah soft skill tentunya. Dari organisasi, juga kita bisa melatih tanggung jawab kita, belajar kepemimpinan, menambah teman dan keluarga. Mahasiswa tanpa organisasi bagai nasi tanpa lauk. Maknanya apa? Ibaratnya pendidikan adalah Nasi dan Organisasi adalah lauk. Jika Nasi dimakan tanpa lauk, maka akan terasa hambar bukan? Maka dari itu kita perlu untuk mengikuti organisasi, tapi bukan berarti wajib.(Fitri/Rinda)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini