Perdana, Lomba Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an di Fakultas Keislaman


AlakhbarUTM(11/10/19). Dalam rangka memperingati milad FKIS yang ke-5 diadakanlah berbagai macam event, salah satu diantaranya yakni MDBQ (Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an). Lomba MDBQ dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2019 di Gedung Rektotar lt.10. Musabaqah debat ilmiah kandungan al-qur’an  merupakan perlombaan tingkat se-Madura dan diperuntukkan untuk semua pelajar/mahasiswa akan tetapi kriteria dibatasi oleh usia dengan tema Islam dan Kebudayaan Pulau Madura.

 “Alasan kita mengangkat tema tersebut karena perlombaan ini kan ranahnya se-Madura, serta selaras dengan ranah lomba ini dan juga mosi-mosi dalam debat pun kita ambil dari permasalahan yang terjadi di lingkup Madura.”Ujar Dzurrotul Hikmah selaku Penanggung Jawab acara Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an ini.

Sebelum peserta dapat mengikuti lomba debat ini, peserta diwajibkan untuk mengirim essay yang mana dari sana akan diseleksi dan dipilih 8 kelompok yang di dalamnya terdiri dari 3 orang laki-laki/perempuan juga boleh campur untuk dapat mengikuti perlombaan ini.

Perlombaan ini dimenangkan oleh peserta dari  Pondok Pesantren Darur Rohman Sumenep, yang terdiri dari 3 peserta laki-laki yaitu M. Fawaeid Aqiel Fahmi, Zainul Rhofik, dan Farid Miftah.
 “Alhamdulillah berkat keja keras, usaha, dan doa kami dapat memenangkan perlombaan ini, kami pun mempersiapkan semuanya dengan sungguh-sungguh karena biasanya kalo lomba seperti ini itu kita diberi waktu untuk belajarnya itu 1 bulan nah sekarang kita cuma dapat waktu satu minggu, maka dari itu kita benar-benar belajar agar tidak pulang dengan tangan kosong.” Syukur M. Fawaeid Aqiel Fahmi salah satu pemenang juara 1 mewakili teman-temannya.

 “Mohon maaf sebelumnya mbak, dari perlombaan tadi saya melihat bahwa kepanitiaan dalam lomba ini kurang maximal,karena berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumya panitia itu dapat mengkoordinir dan semua acara dapat tertata rapi” Ungkap Farid Miftah.

MDBQ ini merupakan pembeda dari perayaan MILAD FKIS  pada tahun-tahun sebelumnya, karena perlombaan ini merupakan event perdana di acara milad. “Tujuan awal dari lomba ini adalah untuk internal yakni untuk seluruh Mahasiswa FKIS sendiri akan tetapi setelah dipertimbangkan, apabila lomba ini hanya di lingkup FKIS maka tidak ada tantangannya maka dari itu lomba MDBQ ini diadakan tingkat se-Madura. nah, dengan besarnya ranah lomba ini yang awalnya hanya lingkup fakultas menjadi se-Madura kami mengakui adanya kekurangan  baik dari segi fasilitas, pelayanan, kinerja panitia, dan yang diraih oleh pemenang itu sendiri dan tidak lain tujuan kita mengadakan acara ini adalah untuk mensyiarkan al-qur’an, memahami al-qur’an, dan juga permasalahan-permasalahan yang ada di Madura.” ucap Miftah selaku Ketua Pelaksana dari acara Milad Fkis.

 “Kendala itu pasti ada apalagi lomba MDBQ ini perlombaan yang pertama kali diadakan di Fakultas Keislaman dan saya pun sebelumnya tidak memiliki pengalaman dalam lomba debat ini. Berhubung saya suka dengan tantangan akhirnya saya ambil job untuk menjadi penanggung jawab dari lomba debat ini, kegagalan itu pasti ada, dan kita tidak akan tahu hasilnya pula jika kita belum mencobanya.” Ucap Dzurrotul Hikmah.

Dengan harapan Saya berharap kedepannya lomba MDBQ ini tetap berjalan dan kedepannya dapat lebih baik lagi dari sekarang” Lanjutnya. Dengan diadakan lomba ini menimbulkan dampak baik yakni melatih seseorang untuk berani tampil di depan umum,cakap, memiliki relasi yang lebih luas dan juga dapat melahirkan generasi yang memiliki wawasan yang luas.(Milla/Nadia)

                                                            

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

item