Event Paling Spektakuler Di Acara PESTA Dan MILAD 2019



Akhbar-JATIM, NCFP & CONVERENCE  (lomba karya tulis ilmiyah tingkat nasional dimana didalamnya juga terdapat konverence) merupakan  salah satu event PESTA dan MILAD ES 2019, sekaligus event paling lama karna ranahnya adalah tingkat nasional. Event ini mengangkat tema “Representasi pemuda rabbani sebagai pilar penguatan industri  halal diindonesia”. Karena dilihat sekarang kita sudah berada di era yang beda yaitu revolusi 4.0 yang mana sistemnya menggunakan  robot, IT . (Bangkalan 04/11/2019).

Maksud dari tema di atas adalah “Diharapkan para Ekonom Robbani bisa aktualisasi memunculkan ide baru atau inovasi yang bisa menguatkan industri halal diindonesia. Karna diluar negri saja yang negara dengan mayoritasnya non muslim sudah menggunakan sistem halal sedangkan diindonesia yang mayoritas negara muslim terbesar, tingkat sistem perindustrian masih dibilang cukup rendah meskipun para pelaku ekonomi sekalipun sudah mengetahui masalah tersebut sejak lama, paham seperti apa yang halal dan tidaknya hanya saja cara pengimpementasiannya yang dibilang masih kurang maksimal jadi perlunya penguatan industri halal”. ujar Zakiyatul aqliyah selaku PJ Acara tersebut. 


Event ini diikuti 10 team dari berbagai kampus-kampus  di Indonesia baik negri maupun swasta, diantaranya dari UNDIP, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negri  Malang, UMM, 2 team dari STAI Pamekasan, UNESA, Universitas Airlangga, dan tidak ketinggalan team dari kampus tuan rumah Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Acara ini telah dipersiapkan dengan begitu matangnya oleh 43 panitia inti dan disukseskan dari panitia di event PESTA MILAD yang lain juga.

Acara Ini telah terlaksana selama 3 hari 2 malam (02-04 November 2019), dimana hari pertama fokus pada penjemputan dan TM, serta dilanjutkan lagi dengan presentasi dari masing masing team yang mana didalamnya juga ada study chase yang  pada schedule ini menentukan 5 team yang lolos dibabak selanjutnya untuk memperebutkan juara 1,2,3, harapan 1,2. Sedangkan untuk team sisanya masuk pada konverence untuk dipilih sebagai Best Speaker. Selanjutnya pada hari ke 2, peserta disuguhi fasilitas jalan-jalan dan malamnya  dischedulkan Party Night. Dan pada hari terakhir adalah waktu penyampaian petisi dan pemulangan peserta.

 Sistem CNFP sendiri yaitu pengumpulan call paper, selanjutnya proses penyaringan paper untuk dinilai bobot-bobotnya atau tingkat implementasi  dan kelayakan  (berapa presentasenya) gagasan ide paper. Setelah peserta dinyatakan lolos papernya, masuk pada proses presentasi paper yang juga terdapat penilaian-penilaian tersendiri.

Banyak sekali kendala yang menjadi bumbu kesuksesan acara ini, yang kebanyakan dari kendala di bagian teknisi, mulai dari gedung, transportasi, penginapan untuk peserta. Meskipun begitu, para panitia tetap semangat dalam menempuh jalan keluar dari kendala-kendala tersebut


Dalam event Nasional ini, gelar Juara 1 berhasil direbut team dari Universitas Diponegoro. “Alhamdulillah.. puji syukur kepada Allah, kepada Dosen pembimbing kami dan terimakasih kepada para panitia yang sudah menyuguhkan yang terbaik sehingga kita dapat menjadi yang terbaik di acara ini” ujar Noval salah satu anggota team pemenang. “banyak kesan dan kesan kami  mengikuti lomba ini dan untuk kendala.. kalau dari kendala sih kendala di penginapan, airnya yang kemaren agak susah keluar jadi kemungkinan kita gak mandi habis ini hehe..”  tambahan dari Noval.

Untuk pengumuman pemenang dalam event ini, para panitia menstrukturkan agenda di acara pembukaan MILAD ES yang dilaksanakan pada tanggal 04 November 2019.

“ pada pelaksanaan acara ini diharapkan para penerus bangsa khususnya para mahasiswa sebagai Agent Of Change yang  dapat menjadi generasi penerus perubahan.  Yang mana nantinya bisa memunculkan inovasi, dan memberikan solusi bagi semuanya misalnya pada  lapangan pekerjaan dengan basis syariah, karna perindustrian yang halal bukan hanya produknya saja namun juga prosesnya juga harus bener-bener bersih, terutama kesuciannya” ujar PJ Acara. (Ukhtina Millah dan Siti)

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

item