Manfaatkan Potensi Alam, Mahasiswa KKN Tematik 51 UTM Kreasikan Puding dari Olahan Jagung


Akhbar_UTM_Bangkalan. Mahasiswa KKN Tematik 51 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) adakan pelatihan pengolahan sumberdaya alam yang kreatif dan inovatif di Desa Giring, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep bersama ibu-ibu PKK. Pelatihan yang diadakan pada 24 desember 2019 tersebut sangat antusias diikuti.(27/12/19) 

Potensi  alam di Desa Giring Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep sangat melimpah,yang dapat dikembangkan, diantaranya adalah jagung. Hal tersebut menjadi sasaran bagi mahasiswa KKN Tematik 51 UTM untuk mengembangkan potensi alam di desa Giring yaitu mengolah jagung menjadi puding yang lezat dan memiliki tekstur yang lembut.

Pelatihan yang bertempat di rumah kepala Desa Giring dimulai pukul 15.00 hingga pukul 16.30. tujuan diadakannya pelatihan tersebut yakni untuk membekali ibu-ibu PKK agar memiliki ketrampilan mengolah sumber daya alam yang dimiliki sekaligus untuk meningkatkan pendapatan di sektor ekonomi. Ibu-ibu PKK sangat bersemangat ketika menyaksikan mahasiswa KKN Tematik 51 UTM mendemonstrasikan cara pembuatannya.  Selain mendemonstrasikan langkah-langkah pembuatannya, mahasiswa juga menjelaskan manfaat-manfaat jagung yang baik untuk dikonsumsi tubuh.

“Jagung memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Jagung dapat mencegah anemia, karena jagung banyak mengandung Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam tubuh. Jagung juga dapat digunakan sebagai pengganti nasi karena merupakan jenis sayuran yang memiliki karbohidrat kompleks. Selain itu, jagung juga dapat digunakan sebagai menu diet bagi penderita diabetes.” Ujar Zane, Mahasiswi Sistem Informasi UTM.

Selain memiliki banyak manfaat, proses pembuatan puding jagung juga sangat mudah dan praktis sehingga dapat dengan mudah diterapkan oleh peserta pelatihan. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu: jagung muda yang diblender untuk diambil sarinya, susu kental manis, santan, agar-agar tanpa warna, dan gula secukupnya. Semua bahan tersebut dimasukkan jadi satu ke dalam air yang sudah dididihkan sebelumnya. Untuk ukuran dan tingkat kemanisan sesuai selera. 

Setelah mahasiswa mempraktikkan, ibu-ibu PKK menikmati puding jagung yang telah jadi.

“Sangat mudah ya cara membuatnya. Sepertinya  dapat dengan mudah langsung dipraktekkan. Dan rasanya enak. Kami baru tau lho kalau jagung bisa dibuat seperti ini. Terima kasih ya adek-adek telah memberikan pengetahuan baru bagi kami. Semoga dengan ini kami lebih bisa mengolah potensi-potensi yang ada di desa ini.” Jelas Vivin, Ketua PKK Desa Giring.


Identitas Penulis
Nama Penulis : Winanti Rahayu Indah L.
Instansi : Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Trunojoyo Madura.
Email : winantiril@gmail.com
No. telepon : 085735167829

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

item