-->
  • Jelajahi

    Copyright © LPM AL-AKHBAR
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Halaman

    Potensi Berkembangnya Galeri Investasi Syariah di Kalangan Mahasiswa

    Sunday, December 8, 2019, December 08, 2019 WIB Last Updated 2019-12-23T10:13:20Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Interaksi pengurus Galeri Investasi Syariah dengan salah satu nasabah
    (Sumber : Mohammad Sohib dan Ummu Fadhillah)

    UTM_BANGKALAN_(08/12/2019) Galeri Investasi Syariah Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan merupakan sarana dan prasarana yang disediakan oleh pihak Fakultas Keislaman yang berfungsi sebagai wadah sosialisasi dan edukasi tentang Investasi Saham Syariah kepada seluruh civitas akademik yang ada di Universitas Trunojoyo Madura. Pada Galeri Investasi Syariah UTM Bangkalan, mahasiswa bisa belajar secara langsung bagaimana investasi di Saham Syariah seperti cara pembukaan rekening saham, dan cara jual beli saham syariah secara efektif, mahasiswa juga bisa langsung menjadi investor pada perusahaan tertentu.

    “Tujuan utama dari pembentukan Galeri Investasi Syariah (GIS) adalah untuk mengajarkan dan menciptakan investor baru dari negara Indonesia sendiri yang berbasis syariah. Selain itu juga mengenalkan kepada masyarakat Indonesia bahwa rakyat Indonesia memiliki hak untuk berinvestasi pada perusahaan yang ada di Indonesia khususnya mahasiswa yang memiliki kekuatan lebih besar untuk membawa perubahan bangsa ini menuju menjadi lebih baik kedepannya. Ketika kita berinvestasi artinya kita mampu mengurangi masalah inflasi yang ada di Indonesia.” Ucap Mohammad Sohib selaku wakil Direktur GIS.

    Investasi saham menjadi salah satu bentuk investasi yang banyak diakses kalangan muda. Modal yang terjangkau ditambah cara mengaksesnya yang sudah bisa dilakukan secara online dinilai menjadi faktor pendukungnya. Dengan uang Rp100.000, generasi muda sudah menjadi pemilik perusahaan. Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari Investasi saham yaitu Capital Gain, Dividen, dan Ilmu.

    Adapun perusahaan yang menaungi investor untuk bertransaksi saham yang ada di Galeri Investasi Syariah UTM yaitu MNC Sekuritas. Dimana MNC Securitas sudah menyediakan aplikasi yang cukup lengkap dalam proses transaksi saham syariah dan uniknya pada aplikasi tersebut akan ada tanda coret secara otomatis untuk perusahaan-perusahaan tertentu yang bukan syariah. Sehingga kita bisa lebih berhati-hati dan lebih mengenal perusahaan yang halal karena kita selaku investor tidak bisa bertransaksi selain pada perusahaan syariah.

    Semenjak diresmikan GIS dua tahun yang lalu, kini banyak mahasiswa yang merasa semakin tahu tentang investasi khususnya terkait saham, ini terbukti dengan meningkatnya minat mahasiswa yang membuka rekening efek untuk investasi saham ada sekitar 150 orang, seperti yang dijelaskan oleh Mohammad Sohib.

    Ummu Fadhillah selaku Direktur GIS juga berpendapat bahwa, “Selama ini Galeri Investasi sudah memberikan dampak positif bagi saya. Saya merasa semakin paham tentang konsep investasi saham melalui permainan stocklab yang diajarkan oleh pengurus galeri investasi syariah. Saat ini permainan stocklab menjadi trend dikalangan mahasiwa sehingga permainan ini juga diperlombakan karena mampu memberikan pengetahuan yang lebih luas tentang transaksi saham syariah.

    Penulis : Siti Hajar dan Robiatul Auliyah, SE,.MSA
    Email : hajarsiti2712gmail.com
    (Universitas Trunojoyo Madura)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini