Perayaan Milad FKIS Ditengah Pandemi




Akhbar-UTM-Bangkalan,  Fakultas Keislaman merayakan milad ke-6  dengan tema “Sat Tamanna Islamica”. Di ikuti oleh seluruh warga Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Acara tersebut dilaksanakan secara online melalui live streaming google meet dan youtube pada pukul 08.00-11.00 WIB. (Minggu, 10/05/2020).

Milad Fakultas Keislaman kali ini mengangkat tema yang cukup menarik yakni Sat Tamanna Islamica yang berarti wujudkan pribadi cemerlang, pemimpin peradaban gemilang. Sat artinya Enam, Tamanna artinya Harapan Baru dalam bahasa Sansekerta, dan Islamica artinya Keislaman dalam bahasa Spayol. “Dari tema tersebut, bahwa untuk milad yang ke-6 ini kita harus memiliki harapan baru kepada Fakultas Keislaman, untuk mewujudkan pribadi mahasiswa yang cemerlang dan bisa menjadi pemimpin di masa depan dengan gemilang.”Ujar Jecky Susanto selaku Gubernur BEM Fakultas Keislaman.

Acara Tausiah dan doa bersama seluruh civitas akademika Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura ini mempertemukan 2 rektor UTM yaitu Prof. DR. IR. H. Arifin,Ms. Selaku pembicara, dan DR. DRS. EC. Muh Syarif,MSI. Serta Shofiyun Nahidloh, S.HI.,M.HI selaku dekan Fakultas keislaman yang menyampaikan sambutan-sambutan.

Tidak banyak kendala yang dialami dalam milad FKIS ke-6 ini, hanya saja kerena dilakukan ditengah pandemi kesulitan yang dialami pada proses komunikasi terletak pada koneksi karena semua dilakukan melalui whatsapp. Pada proses tausiah yang belum pernah diadakan secara streaming oleh ormawa UTM, dan merupakan inisiatif para pimpinan untuk melakukan tausiah secara online ditengah pandemi, kominfo BEM FKIS dan pembina BEM FKIS bapak Firman Setiawan, S.HI., M.EI memilih aplikasi yang baik untuk melakukan streaming. 

“Tausiah secara online lebih fleksibel karena menggunakan akses internet sendiri, tetapi konsep acara secara online lebih sulit. Kalau offline lebih menguras banyak fikiran, tenaga, dan budget.” Ujar Imam Syafi’ie selaku ketua pelaksana.

“Perayaan milad FKIS yang ke-6 pada tahun ini memiliki kesan yang luar biasa, yang tentunya berbeda dari tahun" kemarin. Ditengah pandemi covid-19 kita tetap semangat dalam mengingat sejarah terbentuknya Fakultas Keislaman, perjuangan ini harus tetap kita lanjutkan untuk mempertahankan eksistensi Fakultas Keislaman, di karenakan adanya pandemi covid-19 ini rencana yang telah di susun pada jauh-jauh hari tidak dapat di laksanakan, namun semoga tidak mengurangi semangat kita. Saya sangat mengapresiasi semangat para civitas akademika yang telah menyelenggarakan acara ini.” Ujar Ibu Shofiyun Nahidloh, S.HI.,M.HI selaku dekan Fakultas Keislaman.

Kesan yang kedua milad FKIS yang ke-6 ini yang bertepatan pada bulan ramadhan , dan bertetapan pula pada malam Nuzulul Qur'an (sekaligus mengawali milad dengan melaksanakan mejelis khotmil Qur’an sebanyak 11 majelis yang terdiri dari majelis para dosen dan karyawan serta majelis khotmil qur’an dari ORMAWA FKIS beserta para mahasiswa FKIS. Dengan harapan semoga seluruh civitas akademika fakultas keislaman dan seluruh dosen Fakultas Keislaman mendapatkan Rohmat dan magfirah dari Allah SWT. Amiin aamiin yaa robbal alaamiin.” Tambahnya.

Acara tetap berjalan dengan lancar meski tidak bisa bertegursapa dan berkumpul karena tradisi dalam FKIS  jika memiliki acara adalah merayakan dengan berkumpul saling bersilahturahmi. seperti kata ibu Shofiyun Nahidloh, S.HI.,M.HI kita hanya berpisah secara dhohir tetapi secara batin kita tetap dekat yakni dalam satu naungan Fakultas Keislaman UTM

Harapan terbesar dengan adanya milad ke-6 Fakultas Keislaman yakni dapat mewujudkan visi misi Fakultas Keislaman. Dan khususnya di tahun 2020 ini untuk diprioritaskan program-program dalam peningkatan kualitas dalam bidang akademik khususnya peningkatan kompetensi mahasiswa tentunya harus didukung dengan sarana pembelajaran yang memadai serta kegiatan peningkatan soft skill mahasiswa. Fakultas keislamam saat ini juga memperhatikan kebijakan kemendikbud tentang kurikulum kampus merdeka dan merdeka belajar, sudah mulai dibahas oleh pimpinan fakultas, jurusan dan koorprodi, harapannya para dosen juga harus berinovasi dan berinprofisasi dalam pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa agar mahasiswa FKIS betul-betul siap bersaing di dunia revolusi Industri tanpa harus meninggalkan nilai-nilai akhlaqul karimah, karena dengan kekuatan aqidah dan syari’ah maka akan melahirkan nilai-nilai amaliyah yang mulya walaupun berada ditengah-tengah arus globalisasi. Di dalam meningkatkan kualitas, selain menyiapkan pengutan kelembagaan internal namun kita sudah mulai menjalin komunikasi dengan beberapa Perguruan tinggi atau lembaga luar negeri dalam menjalin MOU baik dibidang pendidikan dan pengajaran maupun dibidang riset, harapannya FKIS mulai bisa mempersiapkan diri agar bisa menjalin kerjasama ditingkat internasional.   Semoga Allah SWT meridhai Fakultas Keislaman lebih maju dan berkualitas kedepannya. Amin amin Ya Rabbal Alamin.(Riza_Dee)

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

item